Products of Jayaroof Slideshow: JAYAROOF’s trip to Jakarta, Java, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Jakarta slideshow. Take your travel photos and make a slideshow for free.
Maaf, halaman yang Anda cari di blog ini tidak ada.
Maaf, halaman yang Anda cari di blog ini tidak ada.

Tips Memilih Rangka Atap Baja Ringan (Roof Truss) dan Penutup Atap (Genteng)

RANGKA ATAP BAJA RINGAN (ROOFTRUSS)

Untuk masing-masing jenis penutup atap (genteng keramik/beton/metal, seng aluminium, onduline, fiberglass atau asbes), ukuran/dimensi, ketebalan serta konstruksi rangka kuda-kuda atap baja ringan yang digunakan berbeda disesuaikan dengan berat material penutup atap. Semakin berat material penutup atap, semakin besar/tebal pula rangka yang dipakai. Begitu pula sebaliknya.

JANGAN TERKECOH DENGAN HARGA MURAH, ketelitian sebelum membeli atap baja sangat diperlukan. Mintalah informasi ukuran/dimensi Reng (roof batten) dan Kanal C (c channel) rangka yang akan dipasang. Semakin besar/tebal Reng dan Kanal C rangka, semakin besar pula beban yang dapat ditanggung oleh rangka. Semakin kecil ukuran/dimensi C channel, semakin minim pula kesanggupan rangka untuk menanggung total beban penutup atap.

Seperti contoh rekomendasi untuk 3 jenis C channel (kanal C) ZincAlum maupun Galvanisadalah sebagai berikut :

* C75.070

Direkomendasikan untuk rangka atap dengan jenis penutup genteng metal, seng, fiberglass, Onduline, asbes dan jenis penutup atap lainnya yang bersifat ringan. Pemakaian C75.070 dengan bentangan lebar tetap aman karena kekuatan rangka/kuda-kuda sebanding dengan beban total penutup atap.

* C75.075

Direkomendasikan untuk rangka atap dengan jenis penutup genteng metal, keramik dan beton. Pemakaian C75.075 dengan bentangan lebar tetap aman bila mengikuti rekomendasi oleh desain software dengan bentang atap kurang dari 9 meter.

* C75.100

Direkomendasikan untuk rangka atap dengan jenis penutup genteng metal, keramik dan beton. Pemakaian C75.100 dengan bentangan lebar tetap aman bila mengikuti rekomendasi oleh desain software dengan bentang atap lebih dari 9 meter.


PENUTUP ATAP (Genteng)

Untuk genteng atau material penutup atap, sangat banyak pilihan tersedia di pasaran yang memiliki kualitas sangat beragam. Mengenai pilihan, semuanya kembali lagi ke Anda sendiri berdasarkan pertimbangan selera dan jumlah dana yang tersedia.

HAL YANG PENTING ANDA INGAT :

Pilih perusahaan aplikator yang dapat dipertanggung jawabkan. Jangan hanya bertransaksi melalui email atau telepon. Apa lagi bila Anda mencari aplikator melalui internet search engine (Google, Yahoo! dan lain-lain). Sediakan waktu dan sempatkan diri Anda untuk datang langsung ke kantor aplikator yang Anda pilih. Cek keberadaan alamat kantor aplikator tersebut. Secara kasat mata, Anda pasti bisa membedakan mana aplikator resmi dan aplikator 'abal-abal'.

Produsen atau kontraktor rangka atap baja ringan yang produk atau prosedur kerjanya sesuai dengan standar internasional dalam melakukan perhitungan struktur dan jumlah material SELALU MENGGUNAKAN SOFTWARE KHUSUS yang memang di-desain untuk perhitungan rangka atap baja ringan untuk menentukan ukuran besar dan tebal rangka berdasarkan jenis penutup atap serta menjamin kekuatan struktur rangka atap baja ringan.

Sekali lagi JANGAN TERKECOH DENGAN HARGA MURAH. Selalu pastikan bahwa konstruksi dan struktur rangka baja ringan yang Anda pakai memiliki GARANSI RESMI dari pihak aplikator.

* PENTING ANDA INGAT karena atap adalah pelindung 'kepala' rumah Anda. Jangan hanya karena selisih harga yang tidak seberapa Anda rela mengorbankan nyawa dan keselamatan keluarga Anda.

* PENTING ANDA INGAT karena rumah adalah asset Anda yang paling berharga sebagai warisan untuk anak cucu Anda kelak. Rumah yang kuat dan kokoh juga akan menaikkan harga jual kembali rumah tersebut apabila suatu saat Anda berniat untuk menjualnya.

Posted by : JAYAROOF Jakarta
http://jayaroof.blogspot.com